KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
ANNELIDA
1. Kerjakan latihan soal bagian C no. 7-10
2. Bacalah materi Annelida kemudian jelaskan dan lengkapi tabel berikut!
(gambar dapat diambil dari internet, format ini dapat kalian tiru dan dimodifikasi)
No | Gambar | Ciri yang sama | Ciri yang berbeda |
1 | Cacing tanah | | |
Pada tempat tertentu dari tubuh cacing tanah berwarna lebih gelap dan tebal, bagian tsb disebut dengan .............. | |||
2 | Cacing Wawo | | |
Mengapa kelompok cacing ini banyak dikonsumsi terutama oleh penduduk Indonesia wilayah timur? | |||
3 | Lintah | | |
Zat apa yang terkandung oleh hewan ini sehingga zat tsb dapat digunakan untuk transfusi darah atau untuk mengobati penyakit, jelaskan! | |||
Dari persamaan ciri yang ada, menyebabkan hewan tsb masuk ke dalam 1 kelompok yaitu ....... Dari perbedaan ciri diantara hewan tsb yaitu........................................................................... maka terbentuklah .... kelompok yaitu: 1. 2. 3. Peranan Annelida dalam kehidupan manusia adalah ................................................................................................................................................... ................................................................................................................................................... |
KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
MOLLUSCA
- Kerjakan latihan soal bagian C no. 1-5
- Bacalah materi Mollusca kemudian jelaskan dan lengkapi tabel berikut!
(gambar dapat diambil dari internet, format ini dapat kalian tiru dan dimodifikasi)
No | Gambar | Ciri yang sama | Ciri yang berbeda |
1 | Kerang | | |
Mengapa hewan ini disebut Bivalvia? Sebutkan struktur cangkang dari hewan ini | |||
2 | Cumi-cumi Gurita | | |
Jelaskan fungsi sifon pada cumi-cumi dan gurita! | |||
3 | Bekicot Vaginula | | |
Dari ciri-ciri yang sama diantara ke 3 nya yaitu ...................................................................... ................................................................................................................................................... menyebabkan hewan-hewan tsb masuk kelompok yang sama yaitu ....................................... Dari ciri-ciri yang berbeda diantara ke 3nya yaitu .................................................................. ................................................................................................................................................... maka terbentuklah 5 kelas, 3 diantaranya adalah 1. 2. 3. Peranan Mollusca bagi kehidupan manusia adalah .................................................................. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
ARTHROPODA
- Kerjakan latihan soal bagian C no. 1-5
- Bacalah materi Arthropoda kemudian jelaskan dan lengkapi tabel berikut!
(gambar dapat diambil dari internet, format ini dapat kalian tiru dan dimodifikasi)
No | Gambar | Ciri yang sama | Ciri yang berbeda |
1 | Kepiting dan Udang | | |
Apa yang disebut dengan Molting? | |||
2 | Kupu-kupu dan Belalang | | |
Apa perbedaan Holometabola dengan Hemimetabola? | |||
3 | laba-laba dan Kalajengking | | |
Alat pertahanan diri pada hewan tsb adalah ............................................................... | |||
4 | Kelabang dan Kaki seribu | | |
Jelaskan perbedaan bentuk dan alat pertahanan diri diantara kedua hewan tsb! | |||
Dari persamaan ciri yang ada, menyebabkan hewan-hewan tsb masuk ke dalam 1 kelompok yaitu ........................................... Dari perbedaan ciri diantara mereka, maka terbentuklah .....kelompok yaitu: 1. 2. 3. 4. Peranan Arthropoda dalam kehidupan manusia adalah .................................................... |
KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
ECHINODERMATA
- Kerjakan latihan soal bagian C no. 1-7
- Bacalah materi Echinodermata kemudian jelaskan dan lengkapi tabel berikut!
(gambar dapat diambil dari internet, format ini dapat kalian tiru dan dimodifikasi)
No | Gambar | Ciri yang sama | Ciri yang berbeda |
1 | Bintang laut | | |
Apa yang dimaksud dengan sistem Ambulakral?tuliskan urutan mekanisme sistem Ambulakral! | |||
2 | Bintang ular laut | | |
Ciri morfologi apa yang membedakannya dengan bintang laut! | |||
3 | Landak laut | | |
4 | Timun laut | | |
Mengapa hewan ini banyak dikonsumsi terutama oleh manusia? | |||
5 | Lilia laut | | |
Dari persamaan ciri yang ada menyebabkan mereka masuk ke dalam 1 kelompok yaitu ....... dari perbedaan ciri diantara mereka maka terbentuklah .... kelompok yaitu: 1. 4. 2. 5. 3. Peranan Echinodermata dalam kehidupan manusia adalah ...................................................... |
- Tugas dikerjakan secara individu dan dikirim kembali melalui e-mail ke damayanti8877@yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar